Anak Meragam, Nakal? Bagaimana nak hadapi?

Anak Meragam? Bagaimana nak hadapi?

Bila ank mula buat hal, ibupaba mudah naik angin...(yer..sy pon begitu...) kadang2 sampai ckp kt anak kenapa jd gini?? MasyaAllah..bersalahnya saya...sedangkan anak makin membesar ni memang akan banyak ragam. Memang anak2 yang nakal ni sebenarnya sangat lah bijak budaknya. Bukan nakal..tp aktif...kanak-kanak yang aktif ni banyak berfikir, banyak explore ape yang dia tgk, jadi kita sbg parents ni kena tahu cara hadapi dan tangani anak2 yang aktif ni. Jom baca artikel yg sy dapat dari hewarati.

Pola perkembangan anak sangat beragam, perkembangan yang semakin hari semakin meningkat akan berdampak pada pola perubahan tingkah laku si anak. Tugas orang tua memang cukup berat dalam mengendalikan sikapdan prilaku anak agar sesuai dengan perkembangan yang diinginkan secara khusus. Semua orang tua pasti mendambakan anak yang patuh, tidak nakal dan selalu mendengar nasehat orang tuanya. Perkembangan anak banyak dipengaruhi oleh faktor-faktor yang senantiasa tidak lepas dari kehidupannya. Faktor yang paling besar merubah pola tingkah laku si anak adalaah temann bermain, keluarga dan lingkungan. 

Dalam tulisan ini saya akan berbagi pada sahabat " my education " tentang cara bijak menghadapi anak yang nakal. Banyak orang tua yang salah dalam merespon perubahan tingkah laku anaknya terutama ketika sang anak melakukan perbuatan yang tidak sewajarnya. Model Mendidik anak yang seperti ini tentu tidak bagus untuk perkembangan anak nantinya. Mulai sekarang kita cari cara bijak dalam meghadapi kenakalan anak agar mereka bisa tumbuh dengan baik. 

Berikut cara bijak dalam menghadapi anak yang Nakal

Gunakan pendekatan Preventif
Pendekatan ini sangat berguna dalam mencegah timbulnya perbuatan menyimpang seorang anak. Pendeketan preventif lebih memfokuskan bagaimana cara orang tua dalam mendidik anaknya dengan baik dan benar, sehingga bisa mencegah hal-hal yang dapat merugikan sang anak dan keluarga. 



Berikan Contoh Perbuatan yang Baik
Memberikan contoh dan teladan yang baik adalah tugas kita sebagai orang tua. Berikan contoh perkataan, perbuatan yang baik, sehingga mental perkembangan sang anak sudah terbiasa dengan kata-kata sopan dan tingkah laku yang arif dan bijaksana. Memberikan contoh merupakan pendidikan dari segi peraktik yang sangat nyata. Apabila anak anda masih berusia dibawah lima tahun dia akan cendrung mengikuti perbuatan orang-orang terdekaatnya seperti orang tua. 


Bicara dengan Nada Halus
Dalam menghadapi anak yang nakal, tentu saja sikap kita tidak bolehh ikut nakal. Disini kebijakan sikap orang tua dalam memahami anak sangat dibutuhkan. Jika anak anda sudah mulai susah untuk di perintah, maka cobalah bicara dengan nada halus dan lemah lembut, berikan ia wejangan, nasehat, sehingga ia dengan nyaman mendengarkan apa yang kita sampaikan. Cara halus ini lebih efektif dalam menghadapi anak yang nakal daripada dengan cara memarahi mereka. 


Cari Sebab Munculnya Kenakalan
Perubahan tingkah laku anak tidak serta merta timbul dengan sendirinya melainkan melalui beberapa proses yang di adaptasi melalui lingkunganya. Pengadaptasian model kelakuan yang biasanya mempengaruhi sang anak akan muncul dari para teman bahkan bisa melalui media masa. Tugas orang tua adalah mencari dan merubah pengaruh jelek itu dan menggantinya dengan pengaruh yang postif. 


Itu lah serba sedikit y dapat sy kongsi dengan anda semua. kita sebagai ibubapa perlu sangat BANYAK SABAR!!!! Macam2 karenah anak2 nk membesar ni....macam2 hal yg dorg create to get our attention. Jangan pulak kita marah bila anak y besar nk minta di dukung lah, tido sebelah lah..nk peluk jugak lah...actually they really need our attention. Anak y bayi memang selalu dah kita dukung..jd mereka y besar ni pon sebolehnya cuba jgn buat mereka terasa disisihkan. try to b fren with them...Even they called us only to ask about silly questions. Just layan kan je laaa....

S U SOON!!! 

LOVE, IBU UMAR ARRYAN...

Comments

Popular posts from this blog

Kenapa Perlu lakukan Angiogram untuk pesakit jantung?

Anak Kuning Lebih Sebulan Tanda Berpenyakit?

Kudis Api Impetigo pula datang pada Umar.