Turun berat dengan air putih


Air Putih...Kenapa air putih mampu menurunkan berat badan? Kenapa setiap kali nk kurus jer orang suruh minum byk air putih? Bkn kurus aje lah, nk sihat kena minum air putih at least 3 liter sehari. Woooowwww!! Banyak tuuuuu...mau berkampung kat toilet jer.

Bagi yang gemar minum air tu bagus lah..tp ada org ckp "eh, td sy minum dah air teh..kira minum juga laa" ooohhh..salah tu yer cik puan semua..Air kt sini ialah air kosong, air mineral, air suam dan sebagainya. Air manis tak dikira.

Kalau anda nak tahu, setiapkali kita buang air kecil, akan mengeuarkan 0.05gram berat anda..jadi lebih kerap anda kencing, lebih byk berat anda turun.

Minum adalah salah satu keperluan paling vital bagi manusia. Tubuh kita terdiri dari 90% mengandung air. Fungsi air dalam tubuh adalah untuk proses pencernaan, penyerapan, sirkulasi, produksi air ludah, transportasi nutrisi, mengeluarkan sisa metabolisme dan mempertahankan suhu tubuh. Itulah mengapa manusia dapat lebih bertahan hidup jika tidak ada sesuap makanan tetapi tidak apabila kekurangan air.

Dalam memenuhi keperluan akan air bagi tubuh Kita, pemilihan  air yang baik,
- dapat diterima tubuh dan tidak berisiko pada kesihatan adalah air putih. Walau demikian air putih yang diminum pun harus memenuhi aspek kesehatan, umumnya air terdiri dari H2O, tetapi tubuh juga memerlukan air yang mengandungi mineral (Nantrium, Kalium,  Klor) agar otot dapat bergerak. Berapapun air yang terbuang, harus segera diisi kembali.
Meskipun hanya sekadar minum air putih, tetapi manfaat yang ada dlm meminum air  putih secara cukup, iaitu 3 liter setiap hari, bagaimana nak tahu berapa liter perlu minum? Setiap 25kg, 1 liter air...jadi kiralah mengikut berat bdn anda. ternyata membawa banyak manfaat. Berikut ini beberapa manfaat meminumi air putih yang dikutip dari berbagai sumber :

1.    Menjaga Kebersihan dan Kesihatan Gigi dan Mulut
Didalam rongga mulut terdapat air ludah yang berfungsi self cleansing dan mengandung pertahanan rongga mulut serta membantu memelihara flora normal dalam rongga mulut. Dengan mengkonsumsi air putih yang cukup maka akan memelihara produksi air ludah, sehingga setidaknya mengurangi resiko terkena penyakit gigi dan mulut walau pembersihan gigi adalah salah satu hal utama dalam menjaga kebersihan gigi dan mulut.

2.    Melancarkan sistem Pencernaan.
Mengkonsumsi air dalam jumlah cukup setiap hari akan memperlancar sistem pencernaan sehingga kita akan terhindari dari masalah-masalah pencernaan seperti maag ataupun sembelit. Pembakaran kalori juga akan berjalan efisien.

3.    Memelihara Fungsi Ginjal
Air dalam tubuh merupakan media untuk mentransportasikan sisa atau limbah sisa metabolisme dalam tubuh untuk keluar  masuk ke dalam sel. Racun utama dalam tubuh adalah nitrogen urea darah, sejenis cairan yang dapat melewati ginjal untuk kemudian diproses dan dieksresikan dalam bentuk urin. Ketika tubuh memiliki cukup air, urin akan mengalir bebas, jernih dan tidak berbau. Tetapi ketika tubuh tidak punya cukup air, konsentrasi urin, warna dan bau akan lebih terlihat karena ginjal harus menyerap cairan ekstra untuk menjalankan fungsinya. Tak heran apabila Kita minum sedikit air, risiko mengalami batu ginjal akan meningkat terutama pada iklim hangat atau panas.

4.    Terapi Berbagai Penyakit
Air juga diyakini dapat ikut menyembuhkan penyakit jantung, rematik, kerusakan kulit, penyakit saluran papas, usus, dan penyakit kewanitaan. Bahkan saat ini cukup banyak pengobatan altenatif yang memanfaatkan kemanjuran air putih.
5.    Meredakan Kelelahan
Jika tubuh Kita kekurangan air, organ – organ  vital dalam tubuh perlu bekerja lebih keras, jantung misalnya, diperlukan kerja ekstra dari jantung untuk memompa keluar darah ke semua sel, begitu juga organ vital lainnya. Minum banyak air putih disamping akan memperlancar kerja organ – organ vital tubuh, juga sekaligus memelihara fungsi organ tersebut sehingga terhindar dari efek “kelelahan” kerja organ – organ  vital tubuh Kita

6.    Ubat Untuk Sakit Kepala
Membantu meredakan sakit kepala dan rasa sakit yang kembali karena dehidrasi. Meskipun banyak penyebab sakit kepala, dehidrasi adalah akibat yang umum timbulnya sakit kepala.

7.    Mengurangi Rasa Kejang (cramp) dan Terkehel
Hidrasi yang tepat membantu menjaga sendi dan otot untuk dilumasi, sehingga Kita  cenderung tidak mudah terkena cramp dan terseliuh,terutama ketika berolah raga

8.    Perawatan Kecantikan Kulit
Apabila minum air kurang, tubuh akan menyerap kandungan air dalam kulit sehingga kulit menjadi kering dan berkerut. Selain itu, air putih dapat melindungi kulit dari pengaruh luar, sekaligus melembabkan dan menyehatkan kulit. Untuk menjaga kecantikan pun, kebersihan tubuh pun harus benar-benar diperhatikan, ditambah lagi minum air putih 8 – 10 gelas sehari

9.    Menurunkan Berat Badan
Bagi yang ingin menguruskan badan pun, minum air putih suam sebelum makan (sehingga merasa agak kenyang) merupakan satu cara untuk mengurangi jumlah makanan yang masuk. Apalagi air tidak mengandung kalori, gula, ataupun lemak. Namun yang terbaik adalah minum air putih pada suhu sedang, tidak terlalu panas, dan tidak terlalu dingin.


10.    Produktiviti yang Lebih Baik di Tempat Kerja Otak Kita sebagian besar terdiri dari air, sehingga minum air membantu berfikir lebih baik, lebih waspada dan lebih konsentrasi


11. Membuat Suasana Hati Baik
Tubuh Kita akan merasa baik karana fungsi kerja organ tubuh dan metobolisme berjalan baik, diri Kita merasa sihat, itulah mengapa Kita merasa bahagia.

Jadi,,please yer..sesiapa yang nk kurus, mulakan hari anda dengan minum air putih sebanyak yg mungkin. Bila badan cukup air, secara automatik badan kita lembap..cergas, kulit pon lembap jer.....

Umar Arryan

Comments

Popular posts from this blog

Kenapa Perlu lakukan Angiogram untuk pesakit jantung?

Merawat Anak Demam Chicken Pox

Kudis Api Impetigo pula datang pada Umar.